PENGELOLAAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PEMBAGIAN JOB DESCRIPTION DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NUSANTARA BANJAR AGUNG
Abstract
Tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor penting dalam keseluruhan perangkat penggerak pendidikan. Masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job description di SMK Nusantara Banjar Agung?dan (2) bagaimana pembagian tugas tenaga kependidikan di SMK Nusantara Banjar Agung?Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job description di SMK Nusantara Banjar Agung, dan bagaimana pembagian tugas tenaga kependidikan di SMK Nusantara Banjar Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job deskription di SMK Nusantara Banjar Agung, secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik, adapun pelaksanaannya meliputi perencanaan, pembinaan dan pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan. (2) pembagian tugas tenaga kependidikan dilakukan dengan mengidentifikasi pekerjaan pegawai, pertangungjawaban hasil pekerjaan, dan spesifikasi pekerjaan. Berdasarkan Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan tenaga kependidikan sudah baik, namun disarankan dalam perencanaan tidak hanya menentukan pembagian tugas pegawai tetapi juga perlu melihat rasio kebutuhan pegawai berdasarkan jumlah siswa.