DAMPAK PENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN TERHADAP MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN

Abstract

Tulisan ini membahas tentang dampak peningkatan manajemen mutu pendidikan terhadap mutu lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan memiliki kewajiban untuk memprioritaskan mutu lembaga pendidikan. Metode pada tulisan ini menggunakan metode literature. Penelitian literature merupakan metode penelitian dengan mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber yang kemudia dikaitkan dengan masalah yang akan diteliti. Hasil pembahasan pada tulisan ini mutu pendidikan adalah kemampuan sekolah dalam mengelola secara operasional dan efesien terhadap komponen yang berkaitan dengan lembaga pendidikan sehingga menghasilkan nilai tambah bagi lembaga pendidikan sesuai dengan standar yang berlaku. Adanya manajemen mutu pendidikan merupakan suatu paradigm tentang perbaikan kualitas secara kontinyu pada instansi lembaga pedidikan untuk memenuhi kebutuhan pada masa kini maupun yang akan datang. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan pada lembaga pendidikan adalah dengan cara menerapkan kualitas pendidikan melalui konsep manajemen mutu pendidikan yang berkualitas agar suatu lembaga pendidikan dapat mejalankan prosesnya dengan baik serta dapat menghasilkan output yang bermutu atau berkualitas. Dengan adanya perencanaan mutu, pengendalian mutu dan relevansinya pada lembaga pendidikan maka lembaga pendidikan akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas..