PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN KONTEMPORER: BEBERAPA AGENDA MASA DEPAN

Abstract

Pendidikan Islam merupakan upaya aktualisasi potensi-potensi kemanusiaan yang berorientasi pada pembentukan manusia seutuhnya melalui transformasi keilmuan, melalui pendidikan intelektual dan pengayaan nilai spiritual yang menekankan pada aspek kematangan akhlak, sehingga melahirkan sikap toleransi dan keterbukaan. Ketika dunia dihentakkan dengan munculnya berbagai aksi terorisme, sontak pandangan para ahli melirik pada agama yang dianggap tidak berdaya dalam memberikan pemahaman yang utuh kepada pemeluknya ? mungkinkah ada yang salah dalam pendidikan Islam, mungkinkah telah terjadi pergeseran makna dalam pendidikan Islam. Bukankah pendidikan Islam sejatinya melahirkan generasi yang tidak saja mengerti agama, namun lebih jauh bertujuan agar berjiwa agama. Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, Kedepan telah terpampang sedikitnya 2 agenda besar pendidikan Islam yakni : pertama, memaksimalkan proses keteladanan dan internalisasi nilai-nilai moral keagamaan, dan kedua, pemahaman terhadap agama lain tidak hanya dalam perspektif teologis namun juga dalam kerangka sosiologis.