USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengkaji bagaimana usaha guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 16 Makassar, dan 2) Mengkaji problema yang dialami oleh guru dalam usaha meningkatkan keaktifan belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 16 Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan paedagogik, psikologis, dan sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk usaha guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 16 Makassar adalah dengan menggunakan model dan metode mengajar yang variatif, memberikan ganjaran berupa hadiah dan hukuman, menumbuhkan minat, menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan tugas atau banyak latihan, memberi angka, kompetisi, pemberian nilai khusus, selalu memberikan perhatian dan selalu mengawasi siswa.