Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Program Pembiasaan di SDN Pancasila Lembang Bandung Barat

Abstract

Data KPAI melansir bahwa kasus-kasus kriminal dengan pelakunya berada pada usia sekolah dasar akhir-akhir ini cukup menghawatirkan. Atas dasar masalah tersebut dan guna meminimalisir maka sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dituntut proaktif dalam membina karakter peserta didik. Artikel ini merupakan deskripsi tentang upaya SDN Pancasila Lembang Bandung Barat dalam mendidik karakter peserta didik melalui program pembiasaan. Ada dua objek program pembiasaan karakter yang digali melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yakni pembiasaan dalam hal waktu dan pembiasaan aspek karakternya dan kedua aspek itu yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN Pancasila membiasakan pendidikan karakter pada waktu pagi hari, pembiasaan siang pada istirahat pertama, pembiasaan siang istirahat kedua, pembiasaan sore sebelum pulang, dan pembiasaan satu minggu satu kali. Adapun pembiasaan aspek karakternya di SDN Pancasila dididik karakter disiplin, karakter religius, karakter nasionalisme, karakter hormat kepada guru dan sesama, karakter mencintai kebudayaan lokal, karakter hidup sehat, dan pembiasaan literasi.Kata Kunci:  Pendidikan Karakter, Peserta Didik, Program Pembiasaan, Sekolah Dasar