Penilaian Domain Psikomotor PAI oleh Guru di Sekolah (Studi Deskriptif di SMAN 1 Bandung Tahun 2019)

Abstract

Penilaian pembelajaran sangat penting untuk dilakukan guna meningkatkan mutu pendidikan. Guru sebagai implementator pembelajaran di sekolah harus bisa menilai proses pembelajaran yang seharusnya mencakup tiga aspek di antaranya : aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pada kenyataanya penilaian domain psikomotor PAI belum mendapatkan perhatian khusus, hal ini karena banyak kendala dalam penerapan evaluasi aspek psikomotor ini di antaranya : faktor keterbatasan waktu yang dimiliki guru, jumlah siswa yang terlalu banyak dalam satu kelas, ketidakjelasan penskoran dan komponen yang sulit diamati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian domain psikomotor PAI. Secara lebih spesifik penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyusunan perencanaan, pelaksanaan, hasil dan tindak lanjut penilaian domain psikomotor PAI oleh guru di SMAN 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa dalam hal perencanaan penilaian domain psikomotor PAI secara umum telah terlaksana dengan baik. Namun, untuk instrumen masih harus dikembangkan. Terkait tahap pelaksanaan telah sesuai dengan perencanaan. Terakhir tahap pengolahan hasil terlaksana dengan baik dengan cara  pengubahan skor menjadi nilai yang dilakukan langsung oleh guru PAI, sementara tindak lanjut berupa remidial dan pengayaan, remedial dilaksanakan saat itu juga sementara untuk pengayaan sudah terprogram namun tidak terealisasi.Katakunci : Evaluasi, Skil, Pembelajaran.