Kandungan Teori Pendidikan Islam dan Metode Mendidik Anak dalam Surat Luqman Ayat Ke-12 Sampai Ke-19
Abstract
AbstrakAl-quran surat Luqman ayat 12-19 menunjukkan kebesaran wahyu Allah dalam kandungan pendidikan. Meneliti dan menganalisis kandungan teori dalam ayat tersebut sangat menarik dilakukan, terlebih dalam upaya menanamkan nilai-nilai kepada anak. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam surat Luqman ayat ke-12 sampai ke-19 terdapat berbagai teori dan metode pendidikan yakni: (1) Adanya perintah untuk bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan-Nya, (2) Agar menyembah Allah SWT dan tidak melakukan syirik kepada-Nya, (3) Agar berbakti kepada orang tua di dunia ini, akan tetapi jika mereka menganjurkan untuk melakukan hal yang dilarang Allah SWT agar tidak dituruti, (4) Pelajaran bahwa setiap kebaikan dan keburukan yang dilakukan oleh manusia, pasti akan ada balasannya oleh Allah SWT, (5) Agar selalu mengerjakan shalat serta untuk selalu berbuat amar ma’ruf dan nahi munkar, (6) Pelajaran agar tidak sombong dan angkuh dalam kehidupan, (7) Pelajaran agar sopan dalam berjalan dan berbicara. Serlain itu, hasil lain dari penelitian ini yaitu adanya beberapa metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai yang terdapat dalam ayat ke-12 sampai ke-19 yaitu: (a) Metode mendidik dengan keteladanan atau qudwah hasanah, (b) Metode mendidik dengan kisah atau cerita, dan (c) Metode mendidik dengan nasehat.Kata Kunci: Teori, Pendidikan Islam, Luqman 12-14