KORELASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DENGAN MUTU PENDIDIKAN DI MA SYARIFATUL’ULUM KATERBAN (Studi kasus Madrasah Aliyah Syarifatul Ulum Katerban Ngawi)

Abstract

Dinamika Pendidikan bermula dari tuntutan peningkatan mutu, sehingga perbaikan yang lebih baik dan inovasi baru harus dilakukan. Upaya yang dilakukan dengan berbenah baik sarana maupun prasarana yang disediakan sekolah yang lebih layak dan memenuhi standar. Hal ini sangat penting untuk mendukung dan menunjang pelaksanaan pendidikan, baik dalam proses pembelajaran maupun kegiatan-kegiatan lainnya terutama belajar siswa. Pada umumnya sarana dan prasarana yang yang lengkap dan memenuhi standart dapat meningkatkan mutu pendidikan melalui proses penyampaian ilmu pengetahuan menjadi lebih efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen sarana prasarana di MA Syarifatul Ulum Katerban, untuk mengetahui mutu pendidikan di MA Syarifatul Ulum Katerban, untuk mengetahui korelasi manajemen sarana dan prasarana dengan mutu pendidikan di MA Syarifatul Ulum Katerban. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, korelasional antara dua variabel, X dan Y. Hasil penelitian 1) sarpras pada lembaga tersebut terbilang baik, 2) mutu pendidikan pada lembaga tersebut terbilang sangat baik, 3) terdapat pengaruh positif yang rendah atau ada korelasi manjemen sarpras dengan mutu pendidikan di MA Syarifatul ‘Ulum Katerban.