MANAJEMEN PENINGKATAN PEMAHAMAN ISLAM MODERAT MELAUI KONSEP PEMBELAJARAN KITAB FATHUL QARIB DI PONDOK PESANTREN ARBAI QOHHAR

Abstract

Pondok Pesantren Arba’I Qohhar merupakan salah satu Pondok Pesantren tua di Ngawi. Ponpes ini mempunyai cara tersendiri dalam memperluas pendidikannya Ponpes ini juga termasuk memiliki muatan materi yang cukup lengkap dari berbagai disiplin ilmu, salah satunya adalah Kitab Fathul Qarib. Kitab ini membahas tentang hukum-hukum dalam Islam, diantaranya hukum sholat, zakat, puasa, jihad, dan lain sebagainya. Kitab ini juga secara langsung bisa menjadi suatu konsep terkait pemahaman Islam Moderat bagi Para santri. Pendidikan Islam moderat sendiri sangat penting untuk dikembangkan dan di manajemen dengan baik agar generasi muda khususnya para santri bisa terus mempertahankan karakter tasamuh, tawasuth, dan tawazun di tengah era globalisasi. Tujuan penelitian ini mengetahui manajemen peningkatan pemahaman islam moderat melaui konsep pembelajaran kitab fathul qarib di Pondok Pesantren Arbai Qohhar. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Hasil penelitian ini 1) Pemahaman Islam Moderat di pondok pesantren Arbai Qohhar dikelola melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan  dan  evaluasi. 2) Pelaksanaan Pembelajaran kitab Fathul Qarib menggunakan sistem diskusi, 3) Manajemen peningkatan pemahaman islam moderat melaui pembelajaran kitab Fathul Qarib di pondok pesantren Arbai Qohhar telah dilaksanakan secara efektif.