Pendampingan dan Penguatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran secara Daring
Abstract
Dampak Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi segala aspek tatanan kehidupan manusia, tidak hanya sebatas aspek kesehatan saja tanpa kecuali termasuk berdampak pada aspek pendidikan. Pemerintah melakukan pembatasan kegiatan pembelajaran untuk menghindari penyebaran covid-19 melalui pembelajaran secara daring. Terdapat banyak media pembelajaran daring yang dapat digunakan seperti Zoom Meeting, WhatsApp, Google Classroom, Google Meeting, Edmodo dan lainnya. Akan tetapi, pendidik guru harus cerdas dan kreatif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai. Maka pendampingan dan penguatan kemampuan guru dalam penggunaan media sangat penting dan mendesak untuk dilakukan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pengabdian berbasis Service learning. Pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan melakukan bimbingan, pelatihan dan pendampingan bagi guru dalam penggunaan media pembelajaran dengan bijak dan cermat. Setelah kegiatan pengabdian dilakukan, dilakukan juga evaluasi terhadap kegiatan bimbingan dan pendampingan penggunaan media dalam pembelajaran bagi guru untuk mengetahui dampak dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bahwa hampir semua (97%) guru madrasah dalam penggunaan media pembelajaran secara daring secara signifikan terjadi peningkatan baik dari aspek pemahaman, pengetahuan dan keterampilan. Dapat dimpulkan kegiatan masayarakat yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran secara daring