ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Markerting Strategy Analysis To Improve Competitive Advantage)

Abstract

<p>Perkembangan industry makanan dan minuman di Indonesia yang semakin meningkat pada setiap tahunnya menciptakan persaingan yang ketat untuk mempertahankan atau pun meningkatkan pasar PT.Fastrata Buana merupakan salah satu perusahaan distribusi yang telah berhasil memasarkan produknya di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang selama ini digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan. Selain itu analisis ini juga bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah strategis yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan untuk kedepannya agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif yaitu mencari informasi atau wawancara kepada narasumber di PT. Fastrata Buana Cabang Krian Sidoarjo. Hasil analisis penelitian yang dilakukan, peusahaan disarankan untuk lebih mengembangkan pemerataan pasar sebagai strategi alternatifnya. Dan selalu mengedepankan loyalitas konsumen seprti sopan santun dan ramah. Perusahaan diharapkan dapat mempertimbangkan penerapan strategi ini sehingga dapat memperkuat posisi bersaing berusahaan PT. FastarataBuana yang dijalaninya semakin maju dan berkembang. Kata Kunci :Strategi pemasaran, keunggulan bersaing.</p>