Kemenarikan dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kampung Wisata Cibunut Kota Bandung

Abstract

<span>Kota Bandung memiliki berbagai macam destinasi wisata yang menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbagai macam instansi yang terkait dengan pariwisata perlu memperhatikan perkembangan destinasi wisata di Kota Bandung karena memiliki banyak pilihan, salah satunya wisata buatan yang menarik yaitu Kampung Wisata Cibunut Kelurahan Kebon Pisang Kecamatan Sumur Bandung. Dalam penelitian ini metode kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data yang berbentuk kalimat dan gambar. Hasil dari penelitian ini bahwa existing di Kampung Wisata Cibunut sudah baik fasilitas wisatanya, dengan mendapatkan nilai 109,4  dan belanja pariwisata di posisi 110. Pada faktor kemenarikan juga sudah baik, atraksi mendapat nilai rata-rata 116,6. Aksesibilitas 118,5 dan ancillary 114,2. Hal ini menyatakan bahwa keseluruhan Kampung Wisata Cibunut sudah baik, namun harus dikembangkan dalam paket wisata khusus di Kampung Wisata Cibunut.  </span>