ANALISA PERILAKU KONSUMEN JASA KATERING UNTUK KEPERLUAN PESTA DI SURABAYA

Abstract

<span>Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan perilaku konsumen pengguna jasa katering pesta di Surabaya. Jenis penelitiaan yang digunakan adalah riset deskriptif dengan menggunakan 9 elemen perilaku konsumen. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 120 responden dengan menggunakan metode pengolahan data tabel frekuensi, diagram batang, dan tabulasi silang. Proses mendapatkan responden pada penelitian ini menggunakan convenience sampling. Penelitian ini mendapatkan temuan bahwa berdasarkan jenis kelamin responden laki – laki dan perempuan dalam posisi yang sama, yaitu masing – masing sebanyak 60 responden. Berdasarkan distribusi frekuensi usia dengan jumlah terbanyak adalah 23 – 28 tahun dengan pekerjaan karyawan swasta dan memiliki rata – rata pengeluaran &gt;Rp 3.000.000. Jenis jasa katering pesta yang sering digunakan adalah prasmanan dengan alasan terbanyak adalah praktis. Pihak yang sering mempengaruhi responden adalah teman dan responden menggunakan jasa katering pesta pada saat mengadakan syukuran. Katering pesta yang sering digunakan responden adalah Sonokembang Katering, responden mendapatkan informasi katering pesta tersebut melalui teman. Responden terbanyak menggunakan jasa katering pesta sebanyak 1 – 2 kali pertahun dan merasa puas menggunakan jasa katering pesta. Mayoritas responden merasa puas dikarenakan sesuai dengan keinginan responden. </span>