PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI DESA KARANGSARI KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN DEMAK
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat menuntut masyarakat untuk mulai mengenal dan selalu berhubungan dengan internet. Salah satu gaya hidup baru yang lahir adalah belanja melalui internet atau sering disebut e-commerce. Pemanfaatan e-commerce tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar, tetapi juga dilakukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pemanfaatan e-commerce dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM di Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-commerce akan dapat meningkatkan pendapatan UMKM, produk yang dipasarkan akan lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga memudahkan dalam mendapatkan pelanggan. Selain itu, pemanfaatan e-commerce dapat menghemat biaya promosi dan meningkatkan kecepatan bertransaksi. Hal ini pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya saing bagi UMKM di Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak.