PENGARUH PELAYANAN, FASILITAS DAN TARIF KAMAR INAP TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RSI DARUS SYIFA DI SURABAYA
Abstract
: Dewasa ini seiring dengan meningkatnya perekonomian, pendidikan serta kesejahteraan masyarakat, masyarakat mulai memasukkan kebutuhan baru yakni layanan rumah sakit yang baik sebagai dasar kualitas pelayanan dimana rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumen. hipotesis dalam penelitian ini yang pertama diduga Pelayanan, fasilitas dan tarif kamar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSI Darus Syifa Surabaya, kedua diduga Pelayanan, fasilitas dan tarif kamar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSI Darus Syifa Surabaya, ketiga diduga Pelayanan berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan pasien di RSI Darus Syifa Surabaya. Metode analisis yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, korelasi, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil uji validitas menunjukkan bahwa koefisian lebih besar dari r tabel dan dinyatakan valid, pada uji reliabilitas mempunyai koefisien alpha yang cukup besar dari 0,6 dan dinyatakan reliabel. Perhitungan regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 0,569 + 0,783X1 + 0,261X2 – 0,149X3, uji F menunjukkan nilai F = 27,383 dengan signifikansi sebesar 0,00<0,05 dan secara parsial uji t dari variabel X1 sebesar 7,394, X2 sebesar 2,252 dan X3 sebesar -1,320. Dapat disimpulkan bahwa secara parsial dari ketiga variabel bebas yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada RSI Darus Syifa Surabaya adalah pelayanan (X1). Kata Kunci : Pelayanan, Fasilitas, Tarif Kamar Inap dan Kepuasan