MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI INOVASI DAN ORIENTASI PASAR PADA USAHA SEKTOR INDUSTRI KREATIF DI KOTA MALANG
Abstract
Pengembangan dalam menciptakan keunggulan bersaing di Kota Malang lebih banyak membutuhkan sumber daya manusia yang inovatif dan mempunyai kreativitas tinggi. Adanya inovasi dan kreativitas yang timbul pada masyarakat, mempunyai peran penting dalam pengembangan perekonomian suatu daerah. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa pengembangan dalam menciptkan produk yang unggul mampu membuat produk yang diminati oleh masyarakat. Kreativitas pelaku UKM mampu meningkatkan hasil produk yang lebih berinovasi. Kreativitas dapat ditingkatkan melalui pelatihan, pembinaan, serta monitoring yang dilakukan oleh pemerintah. Faktor pendukung dalam menciptakan produk yang unggul dalam bersaing ini meliputi peran pemerintah, kualitas Sumber Daya Manusia, dan potensi Kota Malang yang dimili. Terdapat beberapa faktor penghambat juga seperti kurangnya akses permodalan, terbatasnya bahan baku berkualitas dan rendahnya sarana prasarana pemasaran. Kata kunci: Keunggulan Bersaing, Inovasi Produk dan Orientasi Pasar