FAKTOR PENENTU KUALITAS LAYANAN STUDI PADA UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN

Abstract

Sebagai salah satu institusi perguruan tinggi di Kabupaten Lamongan, Universitas Islam Lamongan (Unisla) dituntut memberikan pelayanan yang terbaik. Hal ini dikarenakan Unisla merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa pendidikan tinggi dimana kualitas layanan dari perguruan tinggi tidak hanya diatur dalam regulasi pemerintah namun juga tuntutan agar dapat bersaing dengan pendidikan tinggi lainnya dalam skala yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai faktor-faktor yang menentukan dimensi kualitas layanan dari Universitas Islam Lamongan dari prespektif mahasiswa dimana nantinya hasil dari penelitian ini akan digunakan sebagai dasar untuk perbaikan dan jaminan mutu Unisla. Penelitian ini dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner yang respondennya adalah mahasiswa aktif Unisla dari seluruh fakultas yaitu fakultas agama islam, ekonomi, teknik, hukum, perikanan, peternakan, keguruan dan ilmu pendidikan serta kebidanan. Adapun kuesioner yang disitribusikan pada 100 responden dengan metode pengambilan sampel random sampling yang kemudian diolah dan dianalisis menggunakan analisa statistik yaitu analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas layanan Unisla dibentuk oleh lima faktor, yaitu Faktor Nilai-nilai dosen, Citra, Sikap Staf, Keandalan Staf dan Aksesbilitas