ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TELEPON SELULER BERBASIS SMARTPHONE(STUDI DI GORI CELL BOJONEGORO)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan hubungan antara variabel-variabel penelitian melaluipengujian hipotesa.Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian telepon seluler berbasis smartphone dengan kisaran harga Rp1.000.000 – Rp2.000.000 di Gori Cell.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan insidential.Berdasarkan hasil analisa data, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi, brand image, dan harga berpengaruh secara simultan terhadap permintaan telepon seluler berbasis smartphone. Variabel promosi berpengaruh terhadap permintaan telepon seluler berbasis smartphone sebesar 0,303 yang artinya permintaan di tentukan variabel promosi sebesar 30,3%. Variabel brand image berpengaruh terhadap permintaan sebesar 0,318 yang artinya permintaan ditentukan variabel brand image sebesar 31,8%. Variabel harga berpengaruh terhadap permintaan sebesar 0,405 yang artinya permintaan di tentukan variabel harga sebesar 40,5%. Variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap permintaan telepon seluler berbasis smartphone adalah harga. Kata Kunci : promosi, brand image, smartphone