ANALISIS STRATEGI PROMOSI DARI FAKTOR ADVERTISING DAN SALES PROMOTION TERHADAP TINGKAT VOLUME PENJUALAN PADA UD. BINTANG MOTOR LAMONGAN

Abstract

Dengan semakin ramainya situasi pasar, menambah tajamnya persaingan dalam memasarkan hasil produksinya. Untuk menarik konsumen UD. Bintang Motor sebagai dealer motor, khususnya jual beli motor bekas dituntut agar dapat mengolah strategi pemasarannya, melalui kegiatan advertising dan sales promotion. Masalah yang hendak dicari dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari perumusan masalah tersebut, peneliti membuat hipotesis bahwa diduga variabel advertising dan sales promotion berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap volume penjualan, serta diduga variabel advertising berpengaruh dominan..Dari uji regresi linier berganda diperoleh Y = 178,4193 + 4,9516X1 + 4,5645X2 yang artinya apabila setiap penambahan satu unit variabel sales promotion, maka volume penjualan akan bertambah sebesar 4,5645 dengan asumsi variabel lain dianggap 0 atau konstan (a dan X1 = 0). Dari hasil uji Fhitung (35,4175) > Ftabel (19,000) maka ada pengaruh secara simultan antara variabel bebas dan variabel terikat). Hasil pengujian thitung advertising(10,2074)> thitung sales promotion (4,6294). Sehingga variabel bebas mempunyai nilai thitung > ttabel (4,3026) maka variabel advertising dan sales promotion berpengaruh secara parsial terhadap volume penjualan. Hasil koefesien korelasi r1 = 0,9859 dan r2 = 0,9366.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Kata kunci : Advertising, Sales Promotion, dan Volume Penjualan.