PENGARUH FASILITAS DAN BRAND IMAGETERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN TERMINAL BAKSO DI KEC LAREN LAMONGAN

Abstract

Dalam penelitian ini diambil rumusan masalah sebagai berikut : Apakah terdapat pengaruh positif secara parsial dan simultan dari Fasilitas dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen, dan manakah dari variabel (Fasilitas dan Brand Image) yang paling berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, korelasi berganda, koefesien determinasi, uji F dan uji t. Dari pengujian regresi linier dapat diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 1,163 + 0,454 X1 +0,687 X2 + e. Berdasarkan pengujian secara parsial dapat diketahui bahwa variabel independen (Fasilitas dan Brand Image) berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, dengan nilai t hitung (2,858) dan (2,249), dan nilai t tabel (1,990). Sehingga nilai t hitung>t tabel (1,990). Dari pengujian secara simultan variabel Fasilitas, Brand Image dan Loyalitas Konsumen diperoleh hasil F hitung Sebesar (84,992) dan F tabel sebesar (3.11). jadi secara simultan variabel Fasilitas dan Brand Image juga berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen. Dari hasil diatas dapat ditarik disimpulkan bahwa variabiel Fasilitas dan Brand Image, baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Saran yang dapat diberikan adalah perusahaan harus memperhatikan Fasilitas dan Brand Image agar konsumen puas dan tetap loyal terhadap perusahaan. Kata kunci : Fasilitas, Brand Image dan Loyalitas Konsumen.