Faʿāliyah ʾIstikhdām Biṭaqah al-Farz li Tanmiyah Maharah al-Kalām ladā Ṭullāb al-Barnāmij al-ʾIḍāfiy li Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah ʾalladhi Tunẓimuhu ʾIdhāʿah Ṣaut al-Īmān bi Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Card Sort Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Semester Satu pada Program Kursus Bahasa Arab dibawah Pembinaan Radio Suara Al-Iman di Surabaya Ketrampilan berbicara peserta kursus menggunakan bahasa Arab masih sangat kurang. Kekurangan tersebut diantaranya adalah kemampuan siswa dalam mengungkapkan pemikiran mereka dalam bahasa arab sebabnya adalah pembelajaran yang hanya terpaku pada pembelajaran individu yang mana pembelajaran seperti ini akan membatasi pemikiran mereka pada pengalaman mereka sendiri; terlebih dengan kurangnya kosakata bahasa Arab beberapa siswa menambah kurang maksimalnya kemampuan masing-masing siswa dalam keterampilan berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunkan dua variabel, yang pertama adalah penggunaan Card Sort sebagai variabel bebas dan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab sebagai variabel terikat. Penelitian eksperimen ini menggunakan satu kelompok siswa dengan pre test dan post test. Penelitian ini dilakukan pada objek siswa semester satu yang berjumlah 13 siswa. Alat utama dalam penggalian data adalah ujianpre test dan post test, selain itu angket juga digunakan untuk menggali data lebih dalam lagi. Uji “t” digunakan untuk meneliti data yang diperoleh dari pre test dan post test sedangkan data yang diperoleh dari angket diteliti dengan rumus prosentase. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Card Sort memiliki pengaruh terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab. Hal ini terlihat dari nilai “t” hasil perhitungan adalah sebesar 9,38 yang lebih besar dari nilai t tabel dengan taraf signifikasi 5% yaitu 2,18 dan 1% yaitu 3,06. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nihil (H0) ditolak.