Taʿlīm al-Naḥw bi Kitāb al-Naḥw al-Wāḍiḥ fī al-Barnāmij al-ʾIḍāfiy li Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah Tābiʿ li ʾIdhāʿah Ṣaut al-ʾĪmān Surabaya

Abstract

Nahwu merupakan salah satu cabang dari ilmu bahasa Arab, nahwu berfungsi untuk menjaga pembelajar atau penutur bahasa Arab dari kesalahan berbahasa yang biasa disebut dengan laḥn, penyusunan ilmu nahwu sendiri dilatar belakang adanya laḥn yang dilakukan oleh beberapa orang Arab, setelah itu berkembanglah ilmu nahwu baik dari sisi penyusunan buku hingga metode pengajarannya. Di antara buku yang dijadikan pedoman untuk pembelajaran ilmu nahwu di Indonesia adalah buku al-Naḥw al-Wāḍiḥ, buku ini di dalam penyususnannya menggunakan metode istiqrāiyyah dengan memaparkan contoh-contoh yang berkaitan dengan kaidah kemudian ditarik kesimpulan tentang kaidah yang dibahas, penelitian ini akan menerangkan penerapan pembelajaran kitab al-Naḥw al-Wāḍiḥ di Kursus Bahasa Arab Al-Iman cabang Babatan Surabaya data-data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode reduksi data. Setelah penganalisaan ditemukan bahwa pembelajaran kitab al-Naḥw al-Wāḍiḥ di Kursus Bahasa Arab Al-Iman bertujuan untuk memberikan murid kemampuan membaca kitab Arab tanpa harakat, kemudian ada tiga metode yang digunakan yaitu: Istiqrāiyyah, Taḥlīl al-Jumlah dan metode al-ʾIʿrāb.