Al-Musykīlāh Ghayru al-Lughāwiyyah fī Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah bi Madrasah al-Raḥmah al-Ibtidāiyyah al-Islāmiyyah Surabaya

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang penulis lakukan pada siswa kelas IV MI Islamiyah Ar Rahmah Surabaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mendiskripsikan kesulitan pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi siswa kelas IV MI Islamiyah Ar Rahmah lebih condong kepada permasalahan pembelajaran bahasa arab dari luar zat bahasa itu sendiri. Kedua, untuk mendeskripsikan gambaran usaha-usaha apa sajakah yang telah dilakukan oleh MI Islamiyah Ar Rahmah Surabaya untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriftif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, dilakukan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Dan terakhir untuk menguji kebenaan data penelitian digunakan teknik tringaulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa permasalah non-bahasa yang ada adalah sebagia berikut: a) Pengajar: metode pembelajaran bahasa arab membosankan; b) Siswa: lemahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab; c) lingkungan bahasa: tidak adanya lingkungan berbahasa arab di lingkungan sekolah d). waktu pembelajar: sedikitnya waktu pembelajaran bahasa arab. Solusi dari permasalah tersebut di atas adalah: 1) membuat lembar penilaian sikap dalam pembelajaran bahasa arab, 2) menghadirkan motivator psikologi anak dalam rapat komite, 3) membuat variasi metode dalam mengajar, 4) pemberian reward bagi yang pelajaran bahasa berhasil dalam menjawab soal, 5) keharusan pembuatan RPP bagi guru, 6) pengajuan penetapan bahasa sebagai pelajaran utama, 7) pemberian contoh berbahasa arab dilingkungan sekolah, 8) pengajuan proposal dana pembangunan kelas untuk TK.