Ṭuruq al-Tadrīs li Taʿlīm al-Qawāʿid al-Naḥwiyyah
Abstract
Proses pembelajaran memiliki beberapa komponen yang saling terkait dan mendukung untuk ketercapaiannya tujuan pembelajaran, komponen tersebut adalah tujuan pembelajaran, guru, media, metode dan siswa. Selain penguasaan materi guru sebagai agent of change juga dituntut untuk bisa memilih dan menggunakan metode yang tepat, penggunaan metode yang tepat dapat mempermudah siswa memahami materi yang disampaikan. Nahwu sebagai salah satu cabang dari ilmu bahasa Arab sering dianggap susah oleh sebagian besar pembelajar Bahasa Arab, dengan penggunaan metode yang tepat akan menjadikan nahwu sebagai materi yang mudah untuk dipahami, penyusunan penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan, penulis mengeksplorasi referensi-referensi terkait metode pembelajaran nahwu, dari penelitian yang dilakukan peneliti menemukan ada beberapa metode yang sering digunakan pengajar nahwu yaitu istiqrāʾiyyah, taṭbīqiyyah dan nusūṣ al-muʿādalah.