Taʿlīm Mahārah al-Kalām Namūdhajan li Ghayr al-Nāṭiqīn bihā
Abstract
Mahārah kalām adalah salah satu mahārah bahasa yang empat dan merupakan bagian utama dalam pembelajaran bahasa asing. Mahārah kalām sebagai mahārah intājiyyah yang mengharuskan murid/mahasiswa mampu menggunakan suara dengan detail dan mampu menerapkan kaidah Nahwu serta penyusunan kata-kata yang dapat membantunya mengungkapkan apa yang ingin dia katakan saat berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asālīb pengajaran mahārah kalām dan asālīb ujian mahārah kalām. Adapun metode penelitian yang diterapkan adalah metode kualitatif. Penelitian ini menunjukkan ushlub-ushlub dalam mengajarkan maharah kalam itu banyak, yaitu: al-Muḥādathah, al-ʾAsʾilah wal-ʾAjwibah, Tamthil al-Adwār. Adapun asālīb mahārah kalam bermacam-macam, yaitu: ʾIkhtibār al-Qirāʾah al-Jahriyyah, ʾIkhtibār al-ʾAsʾilah al-Maktūbah, ʾIkhtibār al-ʾIʿādah al-Shafahiyyah, ʾIkhtibār al-Tahwīl, ʾIkhtibār al-ʾAsʾilah ‘an al-Ṣūrah, ʾIkhtibār al-Muqābalah al-Muwajjahah, ʾIkhtibār al-Taʿbīr al-Ḥur, ʾIkhtibār al-ʾAsʾilah ʿan Kharīṭah, ʾIkhtibār al-Fūnīmāt, ʾIkhtibār al-Nabr, ʾIkhtibār al-Tanghim, ʾIkhtibār ʾIʿlām al-Waqt min al-Sāʿah, ʾIkhtibār ʾIʿlām al-Waqt min Jadwal Zamaniy, ʾIkhtibār al-Taʿwīḍ.