Faʿāliyyah Istikhdām Ṭarīqah Tamthīl al-Adwār fī Taʿlīm al-Ḥiwār li Tanmiyah Mahārah al-Kalām Ladā Ṭullāb al-Ṣaff al-Awwal bi al-Madrasah al-Thānawiyyah Luqmān al-Hakīm Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode bermain peran dalam pengajaran percakapan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I di Sekolah Menengah Atas Luqman Al Hakim Surabaya.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan instrumen yang digunakan yaitu tes, angket dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwasannya penggunaan metode bermain peran untuk pengajaran percakapan efektif dan memberikan pengaruh dalam menumbuhkan atau meningkatkan kemahiran berbicara siswa. Hal itu dapat diketahui karena hasil (to) lebih besar dari (t-table) yaitu 2,77 <17,2> 2,05. Kemudian hasil ini dikuatkan dengan hasil angket yang dibagikan ke siswa bahwasannya 71,43 % dari siswa berpendapat bahwa penggunaan metode bermain peran baik dalam pengajaran percakapan dan baik pula untuk meningkatkan kemahiran berbicara.