Metode Kajian Psikologi Pembelajaran Bahasa Arab
Abstract
Pendidikan merupakan suatu usaha yang sangat penting untuk setiap bangsa, karena melalui proses pendidikan maka budaya dan nilai-nilai luhur suatu bangsa dapat diwariskan kepada generasi berikutnya. Di antara sekian banyak budaya yang perlu diwariskan kepada generasi muda adalah bahasa, karena bahasa marupakan alat yang sangat penting untuk berkomunikasi. Dalam proses pembelajaran bahasa termasuk bahasa Arab, selain diharuskan mengusai hal-hal yang terkait dengan substansi materi ajar, guru juga harus memahami kondisi peserta didik ketika mengikuti pembelajaran bahasa Arab, oleh sebab itu ilmu psikologi pembelajaran bahasa Arab sangat dibutuhkan oleh setiap guru bahasa Arab, penelitian ini akan mengkaji metode-metode kajian psikologi pembelajaran bahasa Arab, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian puataka, dan setelah melakukan kajian peneliti menyimpukan ada beberapa metode kajian psikologi pembelajaran bahasa Arab yaitu : metode introspeksi, observasi, klinis, diferensial, ilmiah dan eksperimen. metode instrospeksi dan eksperimen.