Taḥlīl al-ʾAkhṭāʾ al-Naḥwiyyah fī Istikhdām al-ʿAdad wa al-Maʿdūd fī Kitābah Thullāb al-Faṣl al-Awwal bi al-Madrasah al-Muḥammadiyyah al-Mutawaṣṣiṭah al-Rābiʿah Sedayu Gresik Jawa al-Sharqiyyah
Abstract
Di dalam pembelajaran bahasa Arab memiliki tujuan-tujuan, yaitu memahami ilmu – ilmu yang bertuliskan bahasa Arab. Begitu juga MTS Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik Jawa Timur ini memiliki tujuan dalam pembelajaran bahasa Arabnya yaitu para siswa bisa menguasai keterampilan menulis Arab dengan benar. Akan tetapi yang terjadi menyelisihi apa yang diharapkan. Mungkin dikarenakan metode pengajaran yang kurang tepat dengan keadaan siswa dalam menerima dan memahami pelajaran, maka peneliti melihat dari beberapa siswa yang ada di MTS Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik ini, bahwasanya mereka sering mengalami kesalahan Nahwu di dalam penulisan bahasa Arab. Khususnya menulis angka dan objek yang dihitung yang sesuai dengan kaidah Nahwu yang benar. Rumusan masalah dari penelitian ini ialah: 1) Apa saja bentuk-bentuk kesalahan para siswa, dan apa sebabnya ?; 2) Apa solusi untuk memperbaiki kesalahan tersebut ?. Untuk menjawab rumusan-rumusan masalah ini peneliti menggunakan metode deskriptif dan kualitatif untuk penelitian lapangan. Sedangkan cara untuk mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara. Setelah melakukan penelitian di MTS Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik Jawa Timur. Peneliti menemukan bentuk-bentuk kesalahan mereka yaitu kesalahan-kesalahan dalam mengubah angka menjadi mudzakkar(laki-laki) dan muannats(perempuan) serta kesalahan mengubah keadaan objek yang dihitung. Sedangkan penyebab kesalahannya yaitu pengaruh dari bahasa ibu, kurangnya praktek untuk menulis bahasa Arab, kurang perhatian, dan tidak adanya kitab khusus untuk pelajaran menulis. Dan solusi dari kesalahan tadi, yaitu hendaknya terus mempraktikkan menulis bahasa Arabnya khususnya dalam penulisan angka dan objek yang dihitung, mengulang-ngulang pelajarannya, dan menggunakan metode yang beraneka ragam serta sesuai, agar menambah semangat para siswa.