األلعاب اللغوية ىف تدريس اللغة العربية
Abstract
“Sulit”, “rumit”, “malas” dan “bosan” adalah di antara kata yang sering terdengar dari banyak mahasiswa STAIN Bengkulu ketika belajar Bahasa Arab, khususnya menyangkut qawâ`id atau tatabahasa-nya. Ini dapat dimaklumi karena mayoritas mereka berasal dari sekolah-sekolah umum yang memandang sebelah mata kepada bahasa Arab. Lulusan Madrasah Aliyah saja, bahkan pondok pesantren, masih mengeluhkan demikian, konon lagi lulusan sekolah umum. Maka supaya mereka dapat bergairah dalam belajar bahasa Arab, perlu diupayakan usaha/strategi apa pun yang diyakini mampu menciptakan hal itu, agar nuansa pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dapat pula terwujudkan padanya. Permainan bahasa adalah satu di antaranya; metode ini dapat menarik perhatian mereka dan menghilangkan rasa bosan, takut atau bahkan benci mereka kepada bahasa Arab, sehingga kesan sulit dan rumit seperti tadi tak terdengar lagi.