Penerapan Situs Bisnis dan Sosial Media Marketing pada UKM Greenfarm Makassar dalam Mendukung Program MBKM
Abstract
Greenfarm Makassar merupakan salah satu UKM yang terdampak Covid-19. Upaya yang dilakukan Greenfarm Makassar untuk tetap bertahan di masa pandemi Covid-19 yaitu mengubah bisnis model dari B to B (Business to Business) ke B to C (Business to Consumer) dengan menyasar segmen market rumahtangga. Strategi pemasaran yang dilakukan yaitu dengan mengaktifkan kembali sosial media Instagram. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah kurangnya traffic yang dihasilkan dari penggunaan instagram sebagai media promosi organik (tidak berbayar) sehingga berimplikasi pada rendahnya jumlah transaksi yang terjadi. Selain itu, mitra belum memiliki rencana aksi dalam hal manajemen order pada bisnis model B to C. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu dengan pendataan, pembuatan, pelatihan penggunan situs bisnis dan iklan berbayar sosial media. Rangkaian kegiatan ini dilakukan selama 1 bulan (Desember 2021). Hasil kegiatan pengabdian ini adalah mitra telah memiliki situs bisnis berbasis e-commerce dengan alamat situs https://greenfarmmakassar.com yang membantu mitra dalam pengelolaan manajemen order online dari pelanggan. Selain itu, mitra juga telah mampu menjalankan iklan berbayar pada sosial media (Instagram ads) sehingga jumlah kunjungan dan pengikut akun Instagram bisnis mitra meningkat. Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan produk dan omzet penjualan mitra.