DAMPAK PERCERAIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali tentang dampak perceraian orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Asysifaa Cidolog Kabupaten Ciamis Tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: 1) Frekuensi atau tingkat Perceraian orang tua siswa kelas VII dan VIII MTs Asysyifaa Cidolog Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis tergolong rendah; 2) Motivasi Belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII dan VIII MTs Asysyifaa Cidolog dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata sebesar 40,28 (80,56%) dengan kategori sangat baik karena ada pada rentang 80 – 100; 3) Terdapat dampak dari perceraian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (P-AI) di kelas VII dan VIII MTs Asysyifaa Cidolog dengan nilai korelasi sebesar 0,430, dengan uji keberartian satu arah adalah 2,037 karena thitung (4,815) lebih besar dari ttabel (2,037) signifikan pada taraf 0,01. Variabel terhadap motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) jdi kelas VII dan VIII MTs Asysyifaa Cidolog di pengaruhi sebesar 9,7% oleh frekuensi perceraian orang tua