NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM “JILBAB TRAVELER : LOVE SPARK IN KOREA”

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak orang tua membiarkan anak-anaknya menonton tayangan sesuai keinginan anaknya agar tidak rewel tetapi banyak orang tua yang tidak mengetahui dampak dari menonton tayangan-tayangan yang tidak sesuai dengan usia anak. Oleh karena itu, orang tua harus pandai memilih tayangan-tayangan yang mendidik bagi putra-putrinya, supaya televisi dapat berperan penting dalam membina generasi muda menjadi lebih baik. Hasil penelitian film “Jilbab Traveler : Love Spark In Korea” terdapat: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yaitu nilai aqidah, nilai ibadah, nilai akhlak, nilai kemasyarakatan. 2) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam film “Jilbab Traveler Love Spark In Korea” relevan dengan pendidikan Islam saat ini. Dalam nilai aqidah, mempertahankan aqidah keislamannya relevan bahwa aqidah Islam dalam al Qur’an disebut iman. Ia bukan hanya berarti percaya, melainkan keyakinan yang mendorong seorang muslim untuk berperilaku. Nilai ibadah, ibadah-ibadah yang dilakukan para tokoh termasuk kedalam ibadah ghair mahdhah relevan dengan pengertian ibadah ghair mahdhah adalah ibadah yang jenis dan macamnya tidak ditentukan, baik dalam al Qur’an maupun sunnah Rasul. Nilai akhlak dalam film ini relevan dengan pengertian akhlak yaitu pengetahuan yang menjelaskan tentang baik buruk, mengatur pergaulan manusia. Nilai kemasyarakatan relevan dengan pendapat Willis bahwa manusia diciptakan untuk hidup berdampingan, saling bergantung satu sama lain karena manusia merupakan makhluk sosial. Dalam film ini pun terdapat beberapa adegan yang mendeskripsikan bersosial dengan masyarakat.