HMI dan Budaya Populer

Abstract

Artikel ini membahas tentang korelasi dan transformasi Organisasi HmI dan Budaya Nasionalyang terjadi di ruang lingkup organisasi dan di Indonesia, serta menjadikanya sebagai tolak ukur intelektual dalam memahami nilai-nilai kultural di era sekarang ini. Ketika berbicara tetang budaya populer berarti tidak terlepas dari tindakan masyarakat. Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang hidup secara bersama-sama di suatu wilayah dan membentuk sebuah sistem, baik semi terbuka maupun semi tertutup, dimana interaksi yang terjadi di dalamnya adalah antara individu-individu yang ada di kelompok tersebut.Budaya populer Mempresentasikan cara hidup yang dinikmati dan dimiliki oleh orang pada umumnya. Budaya dikatakan populer apabila selalu mengalami perkembangan artistik budaya iyu bersifat menarik dan komersil dan dapat diguanakan untuk mengekspresikan dan memahami masyarakat luas. Dalam proses budaya populer, media juga berperan menjalankan sebagai penyebar luasan tekhnologi informasi dan hiburan, juga sebagai institusi pencipta dan pengendali pasar komuditas dalam suatu lingkungan sosial kemasyarakatan. Tujun penelitian ini juga untuk dijadikan acuan mahasiswa sebagai kader HMI ketika melakukan pembahasan tentang wawasan nusantara dalam budaya nasional dan kebudayaan populer yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.