Nilai-Nilai Ekonomi Dan Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam
Abstract
Jurnal ini membahas mengenai nilai-nilai ekonomi dan etika bisnis dalam perspektif Islam. Hal ini merupakan hal yang sangat urgent untuk dibahas mengingat era revolusi industri menantang manusia agar mampu berwira usaha agar tidak tersingkir oleh zaman. Olehnya itu, dalam jurnal ini, saya menulis nilai-nilai ekonomi dan etika bisnis islami yang harus diketahui dan diterapkan oleh muslim agar selamat dunia dan akhirat. Tulisan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada para pembaca khususnya pelaku usaha agar melalukan aktivitas usahanya berdasarkan tuntunan Nabi Muhammad SAW agar tetap berdagang dengan halal dan adil sesuai dengan perintah Allah agar apa yang dilakukan senantiasa bernilai ibadah di sisi-Nya. Adapun nilai-nilai ekonomi berdasarkan perspektif Islam yaitu, Tauhid (Keesaan Tuhan), ‘Adl, (Keadilan), Nubuwwah (Kenabian), Khilafah (Pemerintah), dan Ma’ad (Hasil). Sedangkan etika bisnis menurut pandangan Islam yaitu: Bersifat jujur, Senantiasa menolong atau memberi manfaat kepada orang lain, Dilarang menipu, Dilarang berbohong, Jangan menjelek-jelekkan bisnis orang lain, Jangan menimbun harta, Tidak memonopoli perdagangan, Hanya menjual barang yang halal, Bisnis harus bersih dari unsur riba, Berbisnis dengan suka rela tanpa paksaan, Membayar upah karyawan secepat mungkin.