Pengaruh E-Commerce Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berwirausaha Online Dalam Perspektif Islam Pada Pedagang Online Di Kota Makassar Sulawesi Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh signifikan e-commerce terhadap minat berwirausaha online dalam perspektif Islam pada pedagang online di Kota Makassar (2) pengaruh signifikan pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat berwirausaha online dalam perspektif Islam pada pedagang online di Kota Makassar (3) pengaruh signifikan e-commerce dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat berwirausaha online dalam perspektif Islam pada pedagang online di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif metode penelitian berupa penelitian survey, dan istrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dengan cara menyebar kuesioner kepada 30 responden dengan teknik non-probability samplingĀ berupa purposive sampling, pengolahan data dilakukan dengan SPSS 21 dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce secara parsialĀ berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha online dan pemanfaatan teknologi informasi secara parsialĀ berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha online serta secara simultan e-commerce dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap minat berwirausaha online dalam perspektif Islam pada pedagang online di Kota Makassar