Pengaruh E-Commerce dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha pada Pedagang Online di Kota Makassar Dalam Perspektif Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh signifikan e-commerce terhadap minat berwirausaha pada pedagang online di Kota Makassar dalam perspektif Islam (2) Mengetahui pengaruh signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada pedagang online di Kota Makassar dalam perspektif Islam (3) Mengetahui pengaruh signifikan e-commerce dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada pedagang online di Kota Makassar dalam perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian berupa penelitian survey, dan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuesioner secara online kepada 95 reponden dengan teknik non-probability sampling  berupa purposive sampling, pengolahan data dilakukan dengan SPSS 20 dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial: (1) e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan 0,000 <0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak (2) pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H2 diterima dan H0 ditolak (3) e-commerce dan pengetahuan kewirausahaan secara simultan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H3 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitan di atas bahwa e-commerce dan pengetahuan kewirausahaan memberikan pengaruh yang besar terhadap minat berwirausaha pada pedagang online di Kota Makassar dalam perspektif Islam.