Pengaruh Layanan Sewa Jasa Online dan Tarif Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan PT. Gojek Indonesia Branch Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh layanan sewa jasa online terhadap kepuasan pelanggan (2) untuk mengetahui pengaruh tarif harga terhadap kepuasan pelanggan gojek (3) untuk mengetahui pengaruh layanan sewa jasa online dan tarif harga terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang populasinya adalah seluruh pengguna aplikasi gojek dengan sampel sebanyak 60 responden, menggunakan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling dengan pengumpulan data melalui observasi dalam bentuk kuesioner serta menggunakan teknik analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan sewa jasa online berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan nilai t hitung sebesar 2,783, nilai signifikansi 0,007 < 0,05 serta tarif harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 6,146, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan secara simultan kedua variabel tersebut  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 50,8%.