Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Muzakki Menjadi Nasabah Di Baznas Kota Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan muzakki menjadi pelanggan. Jenis penelitian yang populasinya adalah seluruh muzakki BAZNAS kota Makassar, sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik pengumpulan sampel yaitu simple random sampling. Pengumpulan data melalui observasi dan dalam bentuk kuisioner menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki dibuktikan dengan nilai t hitung 2,651, nilai signifikansi 0,009 < 0,05. perhitungan dilakukan untuk mengukur variabel bebas dan variabel terikat yang dapat dijelaskan dengan model regresi linier sederhana. Dan hasil regresi diperoleh nilai R Square (R2) sebesar 0,567 yang artinya variabel kualitas pelayanan dalam penelitian ini berpengaruh 56,7% terhadap keputusan muzakki, sedangkan sisanya 44,,3% dipengaruhi oleh faktor lain. tidak diperiksa oleh peneliti. Implikasi dari penelitian ini diharapkan kepada para muzakki BAZNAS Kota Makassar untuk melihat dan menentukan beberapa poin penting untuk memutuskan salah satunya adalah gaya analitis yang merupakan kekuatan atau titik pengambilan keputusan yang mendalam dengan prioritas tinggi untuk vangueness toleransi dan cara berpikir rasional.