Strategi Pemasaran BMT Al Makmur dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Fundig dimasa Pandemi Covid-19
Abstract
Pokok permasalahan penelitian ini adalah Strategi Pemasaran yang diggunakan oleh BMT Al Makmur dalam meningkatkan jumlah nasabah Funding dimasa Pandemi Covid-19.Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Pemasaran yang diggunakan oleh BMT Al Makmur dalam meningkatkan jumlah nasabah Funding dimasa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan BMT Al Makmur untuk meningkatkan jumlah nasabah dimasa Pandemi Covid -19 adalah Pertama Mengoptimalkan peran dan fungsi tenaga marketing, Kedua Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Personal Selling (Penjualan Pribadi), Ketiga Memberikan Service Exellence kepada nasabah, Keempat Membangun dan menjalin Sinergisitas aktif dengan pemerintah dan lembaga yang ada di wilayah kerja.