Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru MTs. Islamiyah Kota Kota Palangka Raya

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas merupakan kendala yang sering dihadapi guru dalam mengembangkan profesionalismenya. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Pelatihan ini diikuti oleh para guru di MTs. Islamiyah Kota Kota Palangka Raya, sebanyak 16 orang. Metode yang digunakan adalah 1) memberikan materi teoretis dan praktis penelitian tindakan kelas, 2) memberikan pendampingan dalam pembuatan proposal penelitian tindakan kelas, 3) mengevaluasi kegiatan pelatihan penelitian tindakan kelas. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru MTs. Islamiyah Kota Palangka Raya memiliki pemahaman dan kemampuan membuat proposal penelitian tindakan kelas. Pelatihan ini dapat efektif karena para guru MTs. Islamiyah Kota Palangka Raya memang memerlukan materi pelatihan penelitian tindakan kelas.