OPTIMALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN ANAK-ANAK DESA CAKRU MELALUI KEGIATAN BELAJAR MALAM

Abstract

Pengoptimalan nilai-nilai keagamaan dapat dilaksanakan dengan cara apapun dan kapanpun, salah satunya dengan cara belajar malam. Belajar malam yang diadakan oleh mahasiswa KKN adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang didalamnya bukan hanya tentang pembelajaran saja namun juga ada penanaman nilai-nila agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan belajar malam dalam mengoptimalisasikan nilai-nilai keagamaan anak-anak desa Cakru. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan menjadikan Mahasiswa KKN didesa Cakru sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis untuk mendaptkan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: Pelaksanaan kegiatan Belajar Malam didesa Cakru dilaksanakan dengan mekanisme yang telah ditentukan yaitu perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan ini mempunyai rentetan kegiatan yaitu Pemberian Motivasi, penambahan wawasan nilai keagamaan, pemberian nasehat, pembelajaran tahsin bacaan, mengaji bersama, mengajarkan ilmu agama, Pelatihan Adzan, Pelatihan Imam, Pelatihan Sholat berjamaah dan lain-lain Kata Kunci: Optimalisasi, Nilai-nilai Keagamaan, Belajar Malam