MENANGANI ANAK DOWN SYNDROME MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER QURANI DI SDLBN 2 AMUNTAI

Abstract

Meningkatnya jumlah penyandang down syndrome di Indonesia yang mencapai sekitar 300 ribu lebih merupakan persoalan yang menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya bagian medis dan psikolog saja, seorang pendidik memeiliki peranan penting pula dalam persoalan ini. Anak-anak Down Syndrome cenderung hiperaktif, sulit berkonsenterasi dan tidak dapat mengatur pola makannya sendiri. Sejalan dengan permasalahan tersebut, pendidikan karakter Qurani turut memainkan peran untuk mengarahkan mereka menjadi manusia mandiri dan bermanfaat sesuai kemampuannya agar tidak menjadi beban dan sebaliknya merupakan anugerah yang diberikan Allah SWT. Pendidikan karakter Qurani di SDLBN 2 Amuntai melalui prinsip dasar layanan pendidikam anak berkebutuhan khusus, kedua melalui pembiasaan dan pembudayaan yang baik di sekolah, ketiga melalui keteladan, keempat melalui akhlak aplikatif dan kelima melalui kisah-kisah Islami