PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM di KELAS 5 MIN 6 PIDIE

Abstract

Pembelajaran membaca teks drama sangat penting diajarkan di madrasah Karena dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, gaya, notasi siswa pada saat bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penggunaan metode quantum pada saat pembelajaran membaca teks drama dikelas 5 MIN 6 Pidie pada semester II tahun pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif dan prosedur pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan proses pembelajaran membaca teks drama menggunakan metode quantum mengalami meningkat dengan hasil yang dicapai pada siklus I pada Jumat 8 Januari 2021 yaitu dengan nilai rata-rata 74.2 yang diikuti oleh 20 siswa yang hadir 83.33%, sedangkan pada siklus II pada Senin 12 Januari 2021 meningkat dengan nilai rata-rata menjadi 76.17 yang diikuti oleh 23 siswa yang hadir 95.83%. Adapun siswa yang tidak hadir pada siklus I sebanyak 4 dengan presentase 16.66 sedangkan siswa yang tidak hadir pada siklus ke II sebanyak 1 siswa dengan presentase 4.16%, Dengan demikian penelitian menggunakan metode quantum sangat penting dalam pembelajaran ini karena dapat meningkatkan pembelajaran siswa