Integration of Religious Values in learning at MI Bustanul Ulum Batu City

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh amanat konstitusi yang menyiratkan perlunya integrasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran. Problem yang terjadi bahwa ada indikasi fluktuasi dikotomis setiap pembelajaran terpisah dari integrasi nilai-nilai religious. Banyaknya problem yang timbul ditengah-tengah masyarakat sangat erat kaitannya dengan kualitas sumber daya manusia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dari pembelajaran integrasi nilai religius pada pembelajaran di MI Bustanul Ulum Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru koordinator bidang kurikulum, wali kelas dan siswa di MI Bustanul Ulum Kota Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran di MI Bustanul Ulum Kota Batu dilihat melalui empat tataran yaitu visi dan misi (tataran Konseptual), budaya madrasah (tataran intitusional), rancangan dalam pembelajaran (tataran operasional) dan sarana prasarana madrasah (tataran arsitektural). Berdasarkan hasil penelitian ini teridentifikasi permasalahan yang timbul akan sulitnya untuk mencari serta menghubungkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits dalam tema pembelajaran, maka peran guru dengan wawasan ke-Islaman sangat berpengaruh dalam pelaksanaan pembelajaran integrasi nilai-nilai religius.