PERAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA

Abstract

Pembelajaran Aqidah akhlak di masa sekarang ini adalah urgen di dalam pendidikan, sebab tidak dapat dipungkiri oleh manusia pada saat ini setiap ucapan dan perbuatan harus berlandaskan dengan pembelajaran Aqidah Akhlak. Pembelajaran Aqidah Akhlak tidak hanya menekankan pada aspek intelektual semata tetapi juga sangat ditekankan pada asfek karakter. Pendidikan karakter amat diperlukan apalagi di sekolah, walaupun hakikatnya dasar dari penerapan pendidikan karakter yang paling utama harus ditanamkan melalui pendidikan di dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN Barabai Utara, Peran pembelajaran Aqidah Akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan Karakter siswa di MIN Barabai Utara, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai pendidikan karakter siswa di MIN Barabai Utara. Wawancara, dokumentasi serta observasi adalah teknik pengumplan data yang digunakan oleh penulis, yaitu data dianalisis secara kualitatif menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil Analisis Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN Barabai Utara bersifat aplikatif artinya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak siswa mampu menerapkan segala tingkah laku yang telah ditanamkan melalui program di sekolah dengan menggunakan metode penanaman Pendidikan Karakter Rasulullah, Peran pembelajaran Aqidah Akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan Karakter melalui pengaplikasian terhadap materi pembelajaran Aqidah Akhlak ditinjau berbagai aspek, di antaranya RPP dan Silabus yang berkarakter, melalui penyediaan fasilitas seperti mushala, perpustakaan, faktor pendukung penanaman pendidikan karakter di MIN barabai Utara tersedianya guru professional dan Lingkungan Sekolah sedangkan faktor penghambat ialah lingkungan keluarga.