EFEKTIVITAS METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD ISLAM AL-AZHAR 47 SAMARINDA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar metode problem solving efektif pada hasil belajar matematika kelas IV SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda pada masa pandemi covid-19. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kesenangan siswa pada mata pelajaran matematika, strategi pembelajaran yang kurang tepat dan kurangnya pengembangan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Teknik pengujian keabsahan data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar matematika metode problem solving lebih tinggi daripada nilai hasil belajar matematika metode konvensional. Hasil uji normalitas pada hasil pretest kelompok eksperimen memiliki taraf signifikansi sebesar 0,409 dan hasil posttest memiliki taraf signifikansi sebesar 0,72. Sedangkan hasil pretest kelompok kontrol memiliki taraf signifikansi sebesar 0,16 dan hasil posttest memiliki taraf signifikansi sebesar 0,594. Hasil rekapitulasi uji homogenitas hasil belajar matematika pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,913. Hasil posttest uji independent t-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan t hitung sebesar 0,074 > dari t tabel sebesar 2,021 (Df ke 40) atau nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,074 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa metode problem solving efektif digunakan pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar.