STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH THAHARAH DI SDN MUNDAR KECAMATAN LAMPIHONG KABUPATEN BALANGAN

Abstract

Lemahnya proses pembelajaran merupakan salah satu problem dalam dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Dalam proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir, mereka cenderung diarahkan untuk menghafal informasi sehingga murid lebih kepada pintar secara teoritis tetapi lemah dalam aplikasi. Melihat realitas inilah perlunya perubahan dalam proses pembelajaran dalam dunia pendidikan saat ini. Maka dikembangkan pula berbagai strategi-strategi baru yang berguna untuk menunjang tercapainya Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang dikehendaki menurut standar yang telah ditetapkan Di SD, walaupun kajian materi thaharah tidak terlalu dalam, diharapkan guru mampu memberikan pengajaran yang maksimal sebab Islam memberikan perhatian yang lebih terhadap kebersihan seseorang sampai-sampai bersih merupakan kunci sahnya pelaksanaan ibadah. Dalam penelitian ini akan diungkapkan bagaimana strategi guru mengajarkan fiqih thaharah pada anak SD. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasi penelitian menujukkan bahwa Guru PAI di SDN Mundar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri dalam mengajarkan fiqih thaharah kepada peserta didik. Guru melaksanakan strategi pembelajaran dengan beberapa langkah. Secara umum, langkah-langkah dalam pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran yaitu guru memberikan materi secara ringkas, guru meminta peserta didik untuk mengikuti langkah-langkah strategi pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan klarifikasi, kesimpulan dan tindak lanjut berupa evaluasi pembelajaran.