MANAJEMEN KELAS DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI MI MUHAMMADIYAH PASIR LOR BANYUMAS
Abstract
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah suatu program Pemerintah sebagai upaya secara komprehensif untuk membentuk sekolah menjadi organisasi pembelajaran dimana warganya literat sepanjang hayat dengan pelibatan publik. GLS akan berhasil dengan baik dengan adanya dukungan dalam pengelolaan kelas oleh guru secara optimal. Salah satu diantara yang berusaha melakukan hal tersebut adalah guru kelas 1 di MI Muh. Pasir Lor. Pentingnya dilakukan penelitian ini karena dapat menjadi alternatif pola dalam mengelola kelas yang mendukung adanya Gerakan Literasi Sekolah Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengelola kelas terbagi ke dalam tiga bagian utama, yakni: penataan perabot yang terdapat di kelas dengan tepat, adanya penggunaan strategi-strategi pembelajaran yang proaktif serta tindakan pencegahan dan respon ketika ada perilaku indisipliner pada peserta didik. Adapun Jenis literasi yang diajarkan guru kelas 1 MI Muhammadiyah Pasir Lor meliputi: literasi matematis, literasi sains, literasi membaca dan literasi menulis. Dengan adanya pola manajemen kelas tersebut, dapat membantu terlaksananya Gerakan Literasi Sekolah di MI Muhammadiyah Pasir Lor