EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH SHALAT DI MADRASAH IBTIDAYAH

Abstract

Kegiatan belajar mengajar akan lebih bersemangat dan efektif serta dapat mengenai sasaran apabila seseorang dapat menggunakan metode yang menarik dan bervariasi dalam mengajar. Di antara beberapa persoalan yang sering muncul pada pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidayah adalah tentang tidak fahamnya siswa pada materi yang diajarkan sehingga mempengaruhi pelaksanaan praktik. Untuk itu guru harus bisa kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai secara optimal. Salah satu metode yang perlu diterapkan oleh seorang guru untuk pembelajaran fikih tentang Shalat fardu adalah melalui metode demonstrasi. Metode demonstrasi ini lebih sesuai untuk mengajarkan bahan-bahan pelajaran yang merupakan suatu gerakan-gerakan, suatu proses maupun hal-hal yang bersifat rutin. Dengan metode demonstrasi peserta didik berkesampatan mengembangkan kemampuan mengamati segala sesuatu yang sedang terlibat atau terjadi dalam suatu proses tersebut serta dapat mengambil kesimpulan-kesimpulan yang diharapkan. Tujuan penggunaan metode ini diterapkan untuk memudahkan para siswa/siswi di Madrasah Ibtidayah memahami dan dapat mempraktikan Shalat fardu dengan benar sesuai dengan apa yang di ajarkan oleh Rasulullah Saw.