PENDIDIKAN ISLAM DAN PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA MASA DINASTI UMAYYAH

Abstract

Kemajuan pendidikan Islam dan pengajaran Bahasa Arab di masa silam adalah bagian sejarah penting dalam dunia Islam. Hal tersebut berguna sebagai refleksi memperbaiki kualitas pendidikan di masa mendatang. Semakin maju zaman maka semakin kompleks juga masalah pendidikan Islam dan Pengajaran bahasa Arab. Artikel ini bertujuan untuk menelaah kembali sejarah pendidikan Islam dan Pengajaran bahasa Arab di zaman dinasti Umayah dipandang dari tiga aspek filsafat yaitu ontologi (isi materi), epestimologi (pendidikan sebagai sistem) dan aksiologi (tujuan pendidikan). Kajian ini berkesimpulan bahwa Pendidikan Islam pada masa dinasti Umayyah telah mengalami perkembangan dari masa sebelumnya yaitu masa khulafa al-Rasyidin. Perkembaangan itu terjadi pada berbagai aspek pendidikan diantaranya adalah aspek kurikulum, materi, metodologi dan aspek kelembagaan yang semakin bertambah ragam dan kuantitasnya. Pengajaran bahasa Arab pada masa itu berorientasi pada pendalaman agama Islam sebagai motivasi beragama dan pendalaman syair-syair Arab melalui disiplin ilmu Nahwu. Hasil dari telaahan ini mengisyaratkan adanya dorongan terhadap umat muslim untuk menegaskan kembali sistem pendidikan Islam dan bahasa Arab kepada perkembangan kuliatas melalui kerjasama antar masyarakat muslim dan Negara.